C.I.B.I. MAN 3 MALANG

Cerdas Istimewa - Bakat Istimewa (Program Akselerasi)

Berita Terkini !

Assalamu'alaikum wr wb


ShoutMix chat widget

CIBI (cerdas istimewa dan bakat istimewa) MAN 3 Malang

CIBI MAN 3 Malang adalah Program percepatan (akselerasi) yang merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk mewadahi dan melayani siswa yang mempunyai kelebihan-kelebihan (cerdas istimewa dan bakat istimewa). Harapan diselenggarakan program ini adalah terangkatnya image masyarakat tentang kemampuan Madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan. Sehingga dukungan dari semua pihak atas suksesnya program ini sangat diharapkan. Terutama guru yang merupakan ujung tombak dari kemajuan dan kesuksesan suatu lembaga pendidikan. (Mr. Joo)


Kurikulum untuk Program CIBI atau lebih kerennya disebut program AKSELERASI saat ini belum mempunyai kurikulum yang baku, yang ada adalah kurikulum reguler yang dimampatkan,sebagai mana yang ada di MAN 3 Malang kurikulum program CIBI dikonfigurasikan sebagai berikut: Tahun pertama diberikan 100% materi kelas X ditambah 50% kelas XI, Tahun kedua diberikan 50% materi kelas XI ditambah 100% kelas XII sehingga target kompetensi siswa CIBI kurang bisa maksimal.


Sehubungan dengan hal tersebut Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Manajemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UNMER mengadakan Pelatihan Rancangan Kurikulum Program CIBI untuk tingkat SMA/MA yang dilaksanakan tanggal 12 s/d 15 Februari 2009 di Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang dengan peserta dari MAN 3 Malang, SMAN 1 Malang, dan SMAN 3 Malang dengan materi meliputi :

  • Paradigma baru Pendidikan CI/BI
  • Karakteristik psikologis dan gaya belajar siswa CI/BI
  • Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia
  • Konsep dan karakteristik Kurikulum untuk siswa CI /BI
  • Analisis Kurikulum bidang MIPA untuk siswa CI/BI tingkat SMA/MAN
  • Pemetaan dan Penerapan Materi bidang MIPA siswa CI/BI tingkat SMA/MAN
  • Eskalasi materi menuju kurikulum diferensiasi
  • Validasi kebenaran materi (konsep dan kebaharuan materi)

Pelaksanaan kegiatan dibuka oleh REKTOR UNMER Malang dan dilanjutkan Pelatihan oleh Bpk.Eko Suprianto untuk Guru Akselerasi dan Bpk. Amril untuk Guru SLB. Harapan diadakannya pelatihan tersebut diatas yaitu dapat memberikan wawasan kepada pengurus program CIBI dalam mengelola dan menyiapkan kegiatan pembelajaran yang lebih maksimal sesuai dengan kapasitas kompetensi siswa CIBI serta memberikan wawasan kepada guru program akselerasi untuk lebih mempersiapkan dalam perencanaan pembelajaran pada kelas program akselerasi.







Selengkapnya …